Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran

Teknologi pendidikan pada dasarnya terkait dengan bagaimana teknologi digunakan untuk meningkatkan proses pembelajaran. Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) merupakan teknologi pendidikan untuk memudahkan pembelajaran yang, sayangnya, masih belum digunakan dengan maksimal.

Teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan  mengalami perkembangan yang masif dari tahun ke tahun. Kehadirannya dengan fitur, fungsi, dan tampilan yang baru semakin berdampak pada banyak aspek kehidupan manusia tidak terkecuali dalam pendidikan (Luger dan Stubblefield, 1993). Kecerdasan buatan mulai mengambil peran dalam kegiatan pembelajaran di sekolah maupun perguruan tinggi (Mulianingsih, dkk. 2020). kecerdasan buatan menjadi bagian primer dalam tumbuh kembang teknologi pendidikan. Hal ini tentu memberikan implikasi secara eksplisit terhadap kehidupan kerja manusia di masa depan.

Mengenali tentang AI tidaklah sulit, karena sesungguhnya dalam keseharian aktivitas yang kita lakukan, telah bersinggungan dengan penggunaan AI. Dalam perkembangannya teknologi dan informasi sampai saat ini sudah benar-benar cepat dan tanpa di sadari sudah benar-benar mempengaruhi aspek dalam kehidupan manusia. Di masa saat ini teknologi itu sendiri sudah menjadi kebutuhan dalam menjalankan kebanyakan dari aktivitas sehari-hari. Dan penggunaan internet saat ini sudah bukan lagi hal aneh dan baru, apalagi di daerah perkotaan seperti di kota kota besar dan sudah benar benar menjadi hal penting pada masa pandemi seperti ini. Penggunaan internet khususnya smartphone di Indonesia terus meningkat dari tahun ketahun.

Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam pendidikan adalah dengan memberikan peluang bagi siswa untuk menyerap pengalaman belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensinya masing-masing. Personalisasi pembelajaran seperti ini memungkinkan siswa untuk belajar sesuai dengan tingkat kemampuan dan kecepatan belajarnya sendiri.

Kaitan antara personalisasi dan penerapan AI dalam kegiatan pembelajaran yaitu mengumpulkan dan menganalisis data tentang kebutuhan, preferensi, dan kemajuan individu siswa. Berdasarkan informasi yang diperolehnya, kecerdasan buatan (AI) kemudian menyediakan pengalaman pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap siswa.

Baik bagi siswa maupun guru, AI merupakan teknologi pendidikan untuk memudahkan pembelajaran. Dalam tulisannya mengenai peran Artificial Intelligence dalam pendidikan, Lukman Hakim (2022), Fungsional PTP Direktorat PPG, mengulas empat peran AI dalam pembelajaran.

  1. Mentor Virtual. merujuk pada penggunaan teknologi AI yang bertindak sebagai mentor atau pembimbing virtual bagi siswa.
  2. Voice Assistant. merupakan penerapan AI melalui pengenalan suara dan pemrosesan bahasa. Cara kerja kecerdasan buatan ini adalah dengan memahami perintah suara dan lantas memberikan respons yang sesuai.
  3. Smart Content Salah satu manfaat AI di lingkungan pendidikan adalah untuk menciptakan dan menghadirkan konten pembelajaran yang cerdas, adaptif, dan disesuaikan dengan kebutuhan individu siswa.
  4. Presentation Translator. Teknologi AI ini memanfaatkan pemrosesan bahasa dan teknik pemodelan bahasa untuk mengenali ucapan pembicara dan menerjemahkannya secara otomatis.

Dari uraian yang sudah disampaikan berikut beberapa AI yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran

No Artificial Intelegent Fungsi
1 https://chat.openai.com/ Bertanya Apa saja
1 https://app.copy.ai/ Bertanya apa saja
1 https://edugpt.com/ Bertanya apa saja
3 https://www.chatpdf.com/ Bertanya isi dari file pdf dan url
3 https://www.perplexity.ai/ Bertanya isi dari file pdf
4 https://magickpen.com/ Membuat RPP
5 https://autoclassmate.io/ Membuat RPP
6 https://www.magicschool.ai/ Membuat RPP
7 https://app.hilink.co/ Membuat RPP
8 https://www.eduaide.ai/ Membuat RPP
9 https://www.deepl.com/ Menterjemahkan
10 https://tome.app/ Membuat Presentasi
11 https://www.decktopus.com/ Membuat Presentasi
11 https://gamma.app/ Membuat Presentasi
12 https://app.formative.com/ Membuat Quiz
13 https://app.conker.ai/ Membuat Quiz
14 https://paraphrasetool.com/ Parafrase
15 https://www.paraphraser.io/ Parafrase
16 https://www.editpad.org/ Parafrase
17 https://rewriteguru.com/ Parafrase
18 https://slidenest.com/ Template PPT
19 https://wordwall.net/ Edugame
20 https://quizizz.com/ Edugame
21 https://www.proprofsgames.com/ Edugame
22 https://puzzlemaker.discoveryeducation.com/ Edugame
22 https://crosswordlabs.com/ Edugame
23 https://undetectable.ai/ Humanize
24 https://aiapp.vidnoz.com/ Foto Berbicara
25 https://studio.d-id.com/ Foto Berbicara
26 https://app.pixton.com/ Comik maker

 

Daftar Pustaka

Posting Komentar untuk "Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran"