Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Games Based Learning “Podcast Challenge” Mapel Public Speaking

Bridging berasal dari kata "bridge", yang secara harfiah berarti jembatan. Jadi teknik bridging sederhananya adalah teknik menjembatani dua topik yang tidak ada kaitannya sama sekali, namun pada akhirnya bisa jadi nyambung (Kompasiana, 2021)

Kali ini saya akan berbagi cerita tentang pembelajaran yang saya lakukan pada hari rabu (13/09/2023 dan 20/09/2023) Mata Pelajaran Pilihan pada Konsentrasi keahlian Bisnis Digital yaitu Mapel Public Speaking yang saya ampu pada kelas XI BD. Materi kali ini adalah Bridging menggunakan model pembelajaran Games Based Learning dengan Game “Podcast Callenge”.

Berikut langkah-langkah pembelajaran yang kami terapkan (sesuai dengan sintaks pada bertema.com, 2020):

1. Memilih game sesuai topik.

Memilih game yang sesuai dengan topik yang akan disampaikan. Karena materi yang dipilih adalah Bridging maka game yang digunakan adalah “Podcast Challenge”.

2. Penjelasan konsep.

Memberikan penjelasan/konsep awal terkait dengan game yang akan dimainkan, tujuan dan tantangan yang harus diselesaikan. Diawal pembelajaran kami berdiskusi tentang brigding serta saya memberikan contoh-contoh Teknik bridging. Salah satu yang saya lakukan adalah meminta siswa menyebutkan tiga benda random dan satu judul lagu beserta nama penyanyinya. Berikutnya saya melakukan bridging dengan mengaitkan ketiga benda random tersebut untuk masuk pada lagu yang sudah dipilih siswa. Saya melakukannya dengan berperan sebagai podcaster. Hal tersebut dilakukan dengan 3-4 kali challenge

3. Aturan.

Setelah saya menyelesaikan challenge yang diberikan oleh siswa dan siswa sudah memahami Teknik bridging barulah disepakati aturan aturan permainan game podcast challenge yaitu:

  1. siswa dibagi menjagi kelompok berpasangan dengan anggota masing-masing kelompok 2-3 orang
  2. setiap anggota kelompok memulai challenge dengan menuliskan tiga benda random dan satu judul lagu lengkap dengan nama penyanyinya pada secarik kertas/buku
  3. challenge yang sudah ditulis kemudian ditukar dengan pasangan disetiap kelompok
  4. masing-masing anggota kelompok menyusun skrip bridging podcast dari challenge yang didapat
  5. setelah itu masing masing merekam voice note dari skrip yang telah dibuat
  6. hasilnya diunggah pada WAG
  7. masing-masing dapat memberikan penilaian dan memilih mana bridging podcast yang paling menarik/disukai

4. Bermain game.

Peserta didik bermain game menggunakan aturan yang sudah ditentukan sebelumnya termasuk batasan waktu dan jadwal bermain.

Siswa sangat antusias dalam mencari benda dan judul lagu dengan mencari bahkan mendengarkan lagu melalui platform youtube, dalam menyusun skrip siswa juga googling untuk mencari diksi-diksi yang cocok untuk menyusun kalimat kalimat untuk menyambungkan ketiga benda. Yang saya lakukan hanya mendampingi siswa dalam menyusun skrip dengan berkeliling melihat siswa mengerjakan. Karena hari ini hanya 2 JP maka permainan hanya sampai pada menyusun skrip. Kemudian pertemuan berikutnya akan dilanjutkan dengan perekaman Voice.

Sesekali siswa konsultasi dengan kalimat kalimat yang disusun dalam skript. siswa mencari inspirasi di dalam dan diluar kelas. perekaman dilakukan di berbagai tempat yang membuat nyaman siswa. kemudian hasil rekaman di edit supaya disambungkan dengan lagu yang sudah didownload. aplikasi editing yang digunakan bebas sesuai dengan minat siswa.

Hasil yang sudah diselesaikan berupa file mp3 yang dikirim melalui grup WA sehingga semua siswa dapat mendengarkan hasil podcast dari siswa yang lain.

5. Merangkum pengetahuan.

Setelah game berakhir siswa menyampaikan pengetahuan apa yang diperoleh selama bermain game "podcast Challenge", berikut pengetahuan yang diperoleh:

  1. Belajar menyusun scipt
  2. Belajar podcast
  3. Belajar membuat challenge
  4. Belajar menyusun kalimat supanya nyambung
  5. Belajar editing audio

Dari game yang dimainkan terdapat beberapa temuan yaitu:

  1. ada kelompok yang saling memudahkan rekannya dengan mencarikan benda dan judul lagu yang mudah
  2. ada kelompok yang saling bersaing antar anggotanya dengan memberikan pilihan benda dan judul lagu yang rumit
  3. judul lagu yang dipilih ada yang berbahasa madura, Bahasa jawa, Bahasa inggris dan Bahasa Indonesia
  4. lagu lagu yang dipilih masih banyak yang sad song sehingga diksi-diksi yang dipilih masih berkutat pada cerita cinta.

6. Melakukan refleksi.

Siswa dan guru saling memberikan refleksi, beberapa refleksi dari siswa :

  1. Siswa tertarik dengan pembelajaran berbasis game
  2. Challenge yang diberikan seru
  3. Siswa suka dengan mata pelajaran public speaking
  4. Pembelajaran Public Speaking menyenangkan

 

Daftar Pustaka

Arisatya Yogaswara & Niken Raditya Yogaswara. (2023). Cara Sukses Public Speaking, Seni Berbicara dengan BAik di Depan Umum. Yogyakarta: Penerbit Checklist.

Yukhsan Wakhyudi. (2022). Kiat Praktis Kuasai PUBLIC SPEAKINGYogyakarta: Penerbit Checklist.

https://www.kompasiana.com/reynalprasetya/5f269a8bd541df3369536a13/mengenal-teknik-bridging-dalam-siaran-radio

https://bertema.com/sintaks-model-pembelajaran-berbasis-game


Posting Komentar untuk "Games Based Learning “Podcast Challenge” Mapel Public Speaking"