Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Praktik Baik Pembelajaran Matematika (Pengembangan Media Pembelajaran Berdifferensiasi Berbasis Android)

Pengantar

Pada tulisan saya kali ini ingin berbagi praktik baik mengenai penelitian saya yang berjudul “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDIFERENSIASI BERBASIS ANDROID” yang diterbitkan di Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika Volume 05 Nomor 2, April 2023.

Latar belakang penelitian ini adalah Pembelajaran pada kurikulum merdeka saat ini lebih fleksibel karena menyesuaikan kebutuhan siswa. Pembelajaran pada kurikulum merdeka lebih difokuskan pada pembelajaran yang berdiferensiasi. Di dalam pembelajaran berdiferensiasi guru harus memperhatikan isi, proses, produk dan lingkungan belajar yang disesuaikan dengan kondisi siswa. Terdapat tiga strategi pembelajaran berdiferensiasi yaitu, pembelajaran berdiferensiasi konten, pembelajaran berdiferensiasi proses, dan pembelajaran berdiferensiasi produk.

Pembelajaran kurikulum merdeka selain berdiferensiasi dapat pula didukung oleh teknologi informasi. Kecanggihan teknologi saat ini berkembang sangat cepat. Perkembangan teknologi yang mengglobal ini berpengaruh dalam segala aspek kehidupan, salah satunya adalah aspek pendidikan. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran merupakan salah satu strategi dalam pembelajaran guna meningkatkan mutu pendidikan. Hal tersebut seiring dengan meningkatnya kebutuhan dalam mencari informasi yang mudah diakses melalui internet, yaitu informasi yang tidak dapat ditemukan melalui buku atau di sekolah. Pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran adalah alat transformasi materi pembelajaran, yang berdampak positif pada proses pembelajaran sehingga pembelajaran akan lebih menarik. Proses pembelajaran siswa akan menjadi lebih interaktif, dan proses belajar dapat terjadi kapan saja dan dimana saja tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Berdasarkan latar belakang tersebut saya mengembangkan sebuah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa yang sejalan dengan kurikulum merdeka yaitu aplikasi pembelajaran matematika berdiferensiasi berbasis android. Aplikasi yang dibuat menggunakan platform yang tidak memerlukan bahasa pemrograman yang rumit dan hanya menggunakan proses drag and drop. Penasaran seperti apa hasilnya?. Berikut saya lampirkan abstrak dan link jurnal yang bisa diunduh.

Abstrak (Ind)

Pembelajaran pada kurikulum merdeka lebih difokuskan pada pembelajaran yang berdiferensiasi. Terdapat tiga strategi pembelajaran berdiferensiasi yaitu, diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk. Pembelajaran kurikulum merdeka selain berdiferensiasi dapat pula didukung oleh teknologi informasi. Seiring berkembangnya teknologi membuat para developer aplikasi android membuat media pembelajaran berbasis android yang kemudian diedarkan melalui Google Play Store. Namun tidak ada satupun yang sesuai dengan pembelajaran berdiferensiasi sehingga perlu dikembangkan sebuah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan sejalan dengan kurikulum merdeka. Desain pengembangan media pembelajaran yang digunakan adalah model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation dan menghasilkan produk berupa media pembelajaran matematika berdiferensiasi berbasis android yang berisi materi, komik, game, kalkulator dan latihan soal. Materi yang digunakan diantaranya bunga tunggal dan bunga majemuk (bilangan berpangkat pada elemen bilangan) sesuai dengan capaian pembelajaran pada fase E kurikulum merdeka. Berdasarkan hasil implementasi, siswa merasa nyaman dengan aplikasi tersebut karena user friendly..

 

 Abstract (Eng)

Learning in the Kurikulum Merdeka is more focused on differentiated learning. There are three differentiated learning strategies, namely, content differentiation, process differentiation, and product differentiation. Learning in the Kurikulum Merdeka other than differentiation can also be supported by information technology. As technology develops, android application developers create androidbased learning media which are then distributed through the google play store. However, none of them are in accordance with differentiated learning so it is necessary to develop an application that suits the needs of students and is in line with the Kurikulum Merdeka. The learning media development design used is the ADDIE model with 5 stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation and produces products in the form of android-based differentiated mathematics learning media which contains material, comics, games, calculators and practice questions. The material used is single interest and compound interest (exponential on number elements) in accordance with the learning outcomes in phase E of the Kurikulum Merdeka. Based on implementation results, students feel comfortable with the application because user friendly.

 

Kata Kunci

android, berdiferensiasi, matematika


Apliksi yang dikembangkan 

Bisa diunduh di SINI

Link Jurnal

  1. Prismatika (http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/prismatika/article/view/2696)
  2. GoogleSchoolar
  3. ResearchGate

Posting Komentar untuk "Praktik Baik Pembelajaran Matematika (Pengembangan Media Pembelajaran Berdifferensiasi Berbasis Android)"