Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Praktik Baik Pembelajaran Matematika Realistik tema Pinjaman Online

Pengantar

Pada tulisan saya kali ini ingin berbagi praktik baik mengenai penelitian saya yang berjudul “Implementation of Realistic Mathematics Education at SMKN 1 Pujer with the Theme of Online Lending” yang diterbitkan di International Journal of Innovative Research in Multidisciplinary Education (IJIRME) Volume 02 Issue 01 January 2023.

Latar belakang penelitian ini adalah dengan diimplementasikannya kurikulum merdeka di SMKN 1 Pujer. Kami sebagai guru tertantang untuk selalu melakukan inovasi. Inovasi ini dilakukan karena perubahan yang signifikan antara kurikulum merdeka dan kurikulum 2013. Khususnya dari KI/KD menjadi Capaian Pembelajaran (CP).

Munculnya elemen-elemen dalam CP membuat kami harus mengubah mindset bahwa pembelajaran harus bisa mengajak siswa menyentuh kehidupan nyata. Karena kelas yang saya ampu adalah jurusan Bisnis dan Pemasaran, saya tertarik untuk mengajak siswa belajar tentang hal yang sedang trending saat ini.

Dari banyaknya trending topik kami sepakat untuk membahas pinjaman online yang linier dengan materi bunga tunggal dan bunga majemuk yang sedang kami pelajari. Maksud pengambilan tema ini karena maraknya kasus-kasus pinjaman online yang bertebaran didunia maya baik berita maupun media sosial.Penasaran seperti apa hasilnya?. Berikut saya lampirkan abstrak dan link jurnal yang bisa diunduh.

 

Abstrak (Ind)

Pembelajaran matematika yang dilaksanakan secara konseptual, biasanya membuat siswa merasa bosan, kurang tertarik, kurang kreatif, kemampuannya tidak berkembang, dan prestasi belajar matematika selama ini kurang memuaskan. Upaya peningkatan pembelajaran matematika telah dilakukan sejak lama dengan berbagai cara dan tujuan, salah satunya dengan penerapan Kurikulum Merdeka. Salah satu pembelajaran yang dapat dilakukan untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka adalah Pendidikan Matematika Realistik sehingga dilakukan penelitian dengan mengimplementasikan Pendidikan Matematika Realistik pada siswa kelas X BD SMK Negeri 1 Pujer dengan tema Pinjaman Online. Desain penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan satu siklus yang terdiri dari (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pemahaman siswa terhadap materi pelajaran matematika minat tunggal dan minat majemuk dengan tema Pinjaman Online meningkat. Hal ini dibuktikan dengan keaktifan siswa saat berdiskusi, hasil simulasi dan perhitungan siswa yang akurat serta minat siswa untuk mempelajari kelebihan dan kekurangan Pinjaman Online selain yang telah dibahas.

 

Abstract (Eng)

Learning mathematics which is carried out conceptually, usually make students feel bored, less interested, less creative, their abilities do not develop, and mathematics learning achievement has so far not been satisfactory. Efforts to improve mathematics learning have been carried out for a long time in various ways and objectives, one of which is the implementation of the Kurikulum Merdeka. One of the lessons that can be carried out to support the implementation of the Kurikulum Merdeka is Realistic Mathematics Education so that a study is carried out by implementing Realistic Mathematics Education in class X BD students at SMK Negeri 1 Pujer with the theme of Online Lending. The research desian is classroom action research using a qualitative approach with one cycle consisting of (1) Planning, (2) Action implementation, (3) Observation, and (4) Reflection. From the results of the study it was concluded that students' understanding of mathematics subject matter of single interest and compound interest with the theme of Online Lending increased. This is evidenced by the activeness of students during discussions, the results of simulations and accurate student calculations and students' interest in learning about the advantages and disadvantages of Online Lending other than what has been discussed.

 

Kata Kunci

Matematika, Pinjaman Online, RME

 

Link Jurnal

http://www.ijirme.com/v2i1/5.php

2 komentar untuk "Praktik Baik Pembelajaran Matematika Realistik tema Pinjaman Online"